Welcome to Visit Site Radar Walak Papua Network
Home » , » Personil Komando Pasukan PETAPA (Penjaga Tanah Papua)

Personil Komando Pasukan PETAPA (Penjaga Tanah Papua)

Written By MELANESIA POST on Senin, 18 November 2013 | 11/18/2013 05:56:00 AM

Personil Komando Pasukan  PETAPA
TEMPO Interaktif, Jayapura - Dewan Adat Papua menggelar upacara memperingati hari ‘kemerdekaan’ Papua yang jatuh pada hari ini, Rabu (1/12). Upacara khusus itu diselingi peletakan bunga ke makam Theys Eluay, tokoh kemerdekaan Papua.

Ribuan orang membanjiri makam Theys yang terletak di lapangan terbuka di Sentani, Kabupaten Jayapura. “Hari ini kita peringati hari kemerdekaan Papua, tidak ada upacara lain selain di sini. Kita berharap ada perhatian dunia internasional atas masalah Papua,” kata Forkorus Yaboisembut, Ketua Dewan Adat Papua, Rabu siang.

Upacara tersebut dijaga ketat ratusan personil pasukan Penjaga Tanah Papua (Petapa). Usai upacara, warga tetap bertahan hingga siang di lapangan makam. “Kita ingin semua orang Papua bersatu, jangan ada perbedaan lagi. Peringatan kali ini mengajak kita untuk merenungkan kembali bahwa kita adalah bangsa yang bebas,” ujarnya.

Puluhan personil kepolisian dari Polres Kabupaten Jayapura berjaga di seberang lapangan. Sebuah water canon disiagakan untuk mencegah situasi buruk. “Polisi disiagakan mengantisipasi tindakan anarkis warga,” kata Kapolres Jayapura Ajun Komisaris Besar Mathius Fakhiri.

Sementara itu, usai upacara, ratusan orang berkumpul dan sempat meneriakan yel-yel ‘merdeka’. Mereka juga membicarakan soal kemerdekaan Papua.
Share this article :

0 komentar: